Model ASSURE

Model Pembelajaran ASSURE terdiri dari :

A


nalyze Learning atau Menganalisis Pembelajaran. 

Tahap ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik peserta didik, kemampuan peserta didik, pengetahuan peserta didik maupun gaya belajar yang disesuaikan dengan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik.  Hasil mengidentifikasi dan menganalisis akan membantu mengambil keputusan saat merancang pembelajaran.

S

tate Objectives atau Menyatakan Standar dan Tujuan
Tahap ini mengungkapkan standar dan tujuan pembelajaran serinci mungkin. Hal ini dapat dilakukan mulai dari kurikulum dan teknologi yang digunakan. Dalam membuat tujuan pembelajaran harus disesuaikan oleh karakteristik peserta didik, tingkat kemampuan peserta didik dan ketrampilan apa saja yang harus dicapai.
Dalam menyusun tujuan pembelajaran harus memuat :
Audience        : fokus siswa memahami materi pembelajaran
Behavior         : perilaku yang ingin dicapai
Condition        : kondisi yang mendukung pembelajaran
Degree            : menyesuaikan pada tingkatan materi pembelajaran
S

elect, modify and design materials atau Memilih Strategi, Teknologi, Media dan Materi
Tahap ini untuk memilih atau memanfaatkan teknologi yang membantu pembelajaran melalui pembelajaran yang sistematis dari strategi pembelajaran, teknologi, media dan bahan ajar
U

tilize Materials atau Menggunakan Teknologi, Media dan Material
pembelajaran harus melibatkan peran guru dan melalui lima P yaitu : mengulas (preview) teknologi, materi dan material, menyiapkan (prepare) teknologi, materi dan material, menyiapkan (prepare) lingkungan, menyiapkan (prepare) para pembelajaran, dan memberikan (provide) pengalaman belajar.
R

equire Learning Response atau Mengharuskan Partisipasi Pembelajaran
Pembelajaran sebaiknya melibatkan siswa secara aktif yang memungkin peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan baru, dan menerima umpan balik.
E

Valuation atau Mengevaluasi dan Merevisi
Evaluasi penting dilakukan untuk melihat perubahan pada diri peserta didik. penilaian dilakukan tidak hanya pada aspek kognitif tetapi keseluruhan selama mengikuti proses pembelajaran baik afektif ataupun psikomotorik.
 

0 komentar:

Posting Komentar