A
|
nalyze Learning atau Menganalisis
Pembelajaran.
Tahap ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik peserta didik, kemampuan peserta didik, pengetahuan peserta didik maupun gaya belajar yang disesuaikan dengan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Hasil mengidentifikasi dan menganalisis akan membantu mengambil keputusan saat merancang pembelajaran.
S
|
tate Objectives atau
Menyatakan Standar dan Tujuan
Tahap ini
mengungkapkan standar dan tujuan pembelajaran serinci mungkin. Hal ini dapat
dilakukan mulai dari kurikulum dan teknologi yang digunakan. Dalam membuat
tujuan pembelajaran harus disesuaikan oleh karakteristik peserta didik, tingkat
kemampuan peserta didik dan ketrampilan apa saja yang harus dicapai.
Dalam menyusun tujuan
pembelajaran harus memuat :
Audience : fokus siswa memahami materi
pembelajaran
Behavior : perilaku yang ingin dicapai
Condition : kondisi yang mendukung pembelajaran
Degree : menyesuaikan pada tingkatan materi
pembelajaran
S
|
elect, modify and
design materials atau Memilih Strategi, Teknologi, Media dan Materi
Tahap ini untuk
memilih atau memanfaatkan teknologi yang membantu pembelajaran melalui
pembelajaran yang sistematis dari strategi pembelajaran, teknologi, media dan
bahan ajar
U
|
tilize Materials atau
Menggunakan Teknologi, Media dan Material
pembelajaran harus
melibatkan peran guru dan melalui lima P yaitu : mengulas (preview) teknologi, materi
dan material, menyiapkan (prepare) teknologi, materi dan material, menyiapkan
(prepare) lingkungan, menyiapkan (prepare) para pembelajaran, dan memberikan (provide)
pengalaman belajar.
R
|
equire Learning
Response atau Mengharuskan Partisipasi Pembelajaran
Pembelajaran sebaiknya
melibatkan siswa secara aktif yang memungkin peserta didik mengembangkan
pengetahuan, kemampuan baru, dan menerima umpan balik.
E
|
Valuation atau Mengevaluasi
dan Merevisi
Evaluasi penting
dilakukan untuk melihat perubahan pada diri peserta didik. penilaian dilakukan
tidak hanya pada aspek kognitif tetapi keseluruhan selama mengikuti proses
pembelajaran baik afektif ataupun psikomotorik.
0 komentar:
Posting Komentar